Mengenal Dan Mengatasi Troubleshooting Pada Komputer
Dalam hal ini pastikan benar-benar telah terjadi masalah. Seperti komputer Sobat tidak dapat menyala? Periksa secara mendasar.
- Periksa kabel, konektor, dan kabel listrik untuk memastikan semua terpasang dengan baik. Sering kali kabel yang longgar atau konektor (listrik, jaringan, keyboard, mouse, speaker, kabel monitor, dll) tidak terpasang dengan baik adalah penyebab masalah tersebut.
- Jika Sobat menggunakan Stabilizer, pastikan alat itu bekerja. Ingat bahwa pelindung gelombang tidak dapat bekerja karena dirancang untuk diri sendiri. Ketika sebuah sentakan listrik yang terlalu banyak, pelindung lonjakan arus Sobat mengambil hit menyimpan hardware Sobat lebih mahal dari tegangan.
- Mencoba mengetest terminal listrik dengan tester untuk memastikan tidak ada masalah dengan listrik.
Tidak bisa terhubung ke jaringan atau internet?
- Periksa apakah ada orang lain di sekitar Sobat mengalami masalah yang sama. Jika demikian, mungkin ada pemadaman layanan yang mempengaruhi daerah Sobat secara luas.
- Periksa untuk memastikan kabel jaringan telah terhubung ke komputer dan modem.
- Periksa konektor kabel jaringan Sobat yang terpasang pada kartu jaringan, Sobat akan melihat sedikit cahaya hijau tepat di mana kabel terhubung. Jika lampu tidak menyala atau berkedip, maka tidak terjadi koneksi pada komputer Sobat. Jika dengan cara merestart belum bisa memperbaikinya, hubungi Help Desk atau ISP dimana Sobat berlangganan.
Pesan Kesalahan yang muncul.
- Pernah mendapat pesan yang muncul saat terjadi kerusakan? Kadang-kadang kode kesalahan atau pesan akan ditampilkan di layar. Pastikan untuk menuliskannya - mungkin menggambarkan masalah dan seberapa serius masalah yang terjadi. Pastikan untuk mendokumentasikan kata-kata yang tepat dari setiap pesan kesalahan yang muncul. Hal ini dapat membuat pekerjaan Help Desk lebih cepat.
- Kadang kala Sobat tidak mendapatkan peringatan tiba-tiba saja Hang. Pesan atau tidak ada pesan, pastikan catatat apa yang terjadi ketika masalah terjadi. Apakah pada saat menjalankan komputer Sobat? Apakah pada terjadi pada saat di Desktop? Apakah pada saat menjalankan aplikasi tertentu? Berselancar di Internet?
Pikirkan apa yang terjadi sesaat setelah melakukan perubahan di komputer Sobat. Cobalah untuk menentukan ketika masalah pertama dimulai. Apakah masalah bertepatan dengan perubahan tersebut?
- Apakah Sobat telah melakukan perubahan di setting? Jika Sobat melakukannya Sobat mungkin harus mengubah perubahan tersebut ke pengaturan awal.
- Setiap peripheral yang ditambahkan atau dihapus (seperti printer atau tempat penyimpanan eksternal) bisa jadi sumber permasalahan.
- Apakah ada orang lain telah menggunakan komputer Sobat baru-baru ini?
- Download sesuatu dari Web? File sharing dan berbagi MP3 adalah cara mudah dalam penyebaran virus pada komputer Sobat.
Komputer aktif tapi ada permasalahan lain.
- Semua yang ada di layar menjadi hang dan keyboard dan mouse tidak merespon.
- Menekan Alt + F4
- "Blue Screen" tiba-tiba muncul.
- Komputer menyala, tetapi tidak ada suara.
- Komputer menyala, tapi keyboard tidak bekerja
- CTRL-ALT-DEL
Ketika Sobat menekan tombol Ctrl-Alt-Delete bersama-sama, Sobat akan memunculkan panel kontrol di mana Sobat dapat memilih "Task Manager" dan melihat apakah salah satu program yang akan ditampilkan menunjukkan "not responding". Sobat mungkin dapat menutup program tersebut dari sana. Jika Sobat tidak bisa membuka layar ini, Sobat harus melakukan restart.
Kenapa seringkali merestart komputer menjadi jalan terakhir, karena dari Restart bisa jadi kita mendapat keajaiban.
Jangan langsung menarik steker!
Restart adalah cara yang sederhana yang mungkin dapat menjernihkan masalah. Seperti masuk ke Start Menu dan pilih Shutdown. Tidak bekerja? Saatnya untuk mencoba Reboot paksa. Tapi sayangnya, dengan cara ini tidak dapat menyimpan pekerjaan Sobat. Jadi untuk berjaga-jaga pastikan setiap melakukan pekerjaan Sobat harus menyimpannya secara berkala.Apabila permasalahan yang Sobat alami pada komputer tidak bisa Sobat selesaikan, waktunya Sobat meminta bantuan kepada Tim Help Desk yang tahu permasalahan komputer.